Bupati Luwu Timur Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021, yang dilaksanakan di Hotel Grand Asia Makassar, Senin (27/09/2021) malam.

Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lutim bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah Makassar, dengan tema "Optimalisasi Pelaksanaan Tugas Pokok Dan Fungsi BPD Dalam Mendukung Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Yang Efektif, Efisien Dan Akuntabel".

Kabid Kelembagaan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat DPMD Lutim, Basondeng Abbas dalam laporannya mengatakan, tujuan bimtek BPD ini agar peserta memahami kedudukan, tugas pokok dan fungsi, hak, kewenangan dan tanggung jawab Badan Permusyawaratan Desa dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemerintahan di desa.

"Disamping itu, juga untuk meningkatkan kapasitas SDM aparat Pemerintahan desa termasuk BPD, kiranya dapat membawa nuansa baru bagi desa pasca mengikuti acara bimtek ini," kata Basondeng.

"Acara ini rencananya berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 27 s/d 30 September 2021 dengan peserta sebanyak 183 terdiri dari Ketua dan Anggota BPD dari 124 Desa se-Kabupaten Luwu Timur, dan adapun yang menjadi Narasumber adalah Prof. Rasyid Thaha M.Si selaku Direktur Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah Makassar," terang Basondeng.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi kepada Dinas PMD Luwu Timur yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah Makassar karena telah menginisiasi kegiatan Bimtek ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kwalitas dan kapabilitas BPD.

Melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas ini, kata Bupati, diharapkan semua peserta dapat memahami dan mampu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengurus atau anggota Badan Permusyawaratan Desa dengan melihat kondisi masing-masing desa, terhadap peningkatan kualitas dan efektivitas dalam rangka melakukan musyawarah, menampung aspirasi, pengawasan yang melekat terkait kinerja Kepala Desa pada Pemerintah Desa yang telah disetujui bersama serta meningkatkan hubungan keharmonisan antara kelembagaan dalam membangun Desa.

Budiman juga menegaskan pentingnya peningkatan kapasitas Pemerintahan desa melalui kegiatan Bimtek. "Peran BPD cukup berarti dalam Pemerintahan desa, ada yang belum bersinergi dengan kepala desa, inilah kesempatan bapak ibu BPD untuk belajar mendapatkan ilmu demi kemajuan di desa masing-masing,” kata Bupati.

"Propesionalisme dan integritas Kades, perangkat desa dan BPD sangat penting dalam membangun desa, kiranya semua dapat menyatukan langkah, menyamakan cara pandang dalam membangun desa, hindari konflik dan arogansi, perkuat koordinasi dan tingkatkan kualitas SDM aparatur Pemerintahan desa dan BPD, Bimtek inilah salah satu caranya,” pungkas Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur, H. Usman sadik, Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli, Direktur Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah Makassar, Prof. Rasyid Thaha, Asisten II, Senfri Oktavianus, Kadis PMD, Halsen, Kadis PU, Sahmuddin, Direktur RSUD Lagaligo, dr. Benny, Ketua Forum Komunikasi BPD Kabupaten Luwu Timur. (hms/ikp/kominfo)

Bupati Luwu Timur

Kabupaten Luwu Timur adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Luwu Utara yang disahkan dengan UU Nomor 7 Tahun 2003 pada tanggal 25 Februari 2003.

 
 
Ir. H. Muh. Thorig Husler

Kontak Kami

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  Jl. Soekarno Hatta Kompleks Perkantoran Bupati Luwu Timur

Kunjungi Sosial Media